4 Uang Kuno Yang Paling Dicari Kolektor Harganya Mahal!

79 / 100

Antikpedia.com – Berikut beberapa harga uang kuno yang paling dicari kolektor, Uang kuno jadi buruan para kolektor barang antik. Para kolektor rela menghabiskan banyak uang untuk koleksi uang kuno mereka. Saat ini, rekor harga koin kuno termahal masih dipegang oleh Flowing Hair Silver edisi 1795 yang dibuat dari bahan material perak oleh pemerintah Federal AS. Satu koin Flowing Hair Silver tercatat memiliki harga jual sekitar Rp141 miliar.

Hanya karena faktor-faktor seperti usia, kelangkaan, kesalahan pencetakan, dan terkait sejarah, beberapa koin atau uang logam tercatat dengan harga yang sangat fantastis. Bahkan mencapai kisaran jutaan Dolar Amerika Serikat (AS).
Penasaran?. Berikut adalah 4 Uang Kuno Yang Paling Dicari Kolektor.

4. Umayyad Gold Dinar

Umayyad Gold Dinar

Harga : 82 Miliar Rupiah

Di bawah pemerintahan Khalifah Abdul Malik bin Marwan, Kekhalifahan Umayyah (kedua dari empat kekhalifahan yang terbentuk setelah kematian Nabi Muhammad), mengeluarkan dinar emas pertama pada tahun 696-697 M. Kata ‘dinar’ berasal dari kata Latin denarius, yang merupakan mata uang perak populer yang digunakan di Kekaisaran Romawi.

Pada tahun 2011, salah satu Umayyad Gold Dinar yang tersisa dijual dalam lelang dengan harga sekitar $6 juta dolar atau sekitar 82 Miliar Rupiah. Koin tersebut dicetak pada tahun 723 M. Diyakini bahwa emas yang digunakan dalam koin tersebut ditambang dari Ma’din Bani Sulaim, sebuah tambang emas yang terletak dekat dengan kota suci Mekah.

Koin serupa baru-baru ini dilelang seharga $ 4,7 juta dolar atau sekitar 67 Miliar Rupiah pada 24 Oktober 2019.

3. 1787 Brasher Doubloon-EB

1787 Brasher Doubloon-EB

 

Harga : 106 Miliar Rupiah

Brasher Doubloon (EB) 1787 adalah salah satu uang kuno paling langka dan paling berharga dalam sejarah kemerdekaan Amerika. Koin ini dirancang oleh Ephraim Brasher, seorang pandai emas yang menjadi sangat populer karena keahliannya dalam mengukir dan menguji (analisis kemurnian).

Pada tahun 2011, salah satu Brasher Doubloon tahun 1787 dibeli oleh perusahaan investasi Wall Street yang tidak disebutkan namanya dengan harga yang sangat mahal yaitu sebesar 7,4 juta dolar atau sekitar 106 Miliar Rupiah.

2. 1933 Saint Gaudens Double Eagle

1933 Saint Gaudens Double Eagle

Harga : 109 Miliar Rupiah

Pada tahun 1933 sekitar 445.500 unit koin emas Saint Gaudens Double Eagle diproduksi. Namun, alih-alih diedarkan secara resmi, semua kecuali dua koin diperintahkan untuk dicairkan (karena Undang-Undang Cadangan Emas 1934). Dua koin Saint Gaudens Double Eagle yang disimpan sekarang menjadi bagian dari Koleksi Numismatik Nasional.

Namun tanpa diketahui pihak berwenang, dua puluh koin lagi berhasil diselamatkan (dicuri). Selama sekitar satu dekade, koin-koin itu diam-diam diperdagangkan di antara kolektor pribadi. Selama waktu itulah salah satu dari mereka jatuh ke tangan Raja Farouk dari Mesir.

Setelah mengetahui keberadaan mereka, Dinas Rahasia AS mencari dan berhasil menghancurkan sembilan dari mereka pada tahun 1952. Pada tahun yang sama, setelah Raja Farouk digulingkan dari kekuasaan, pemerintah AS mencoba untuk membawa kembali koin yang hilang di negara itu tetapi gagal. Koin itu tiba-tiba muncul kembali pada tahun 1996 di lelang publik dan terjual lebih dari $7,6 juta dolar atau sekitar 109 Miliar Rupiah pada tahun 2002.

 

1. 1794 Flowing Hair Dollar

Umayyad Gold Dinar

 

Harga : 143 Miliar Rupiah

Pada tahun 1794, Flowing Hair Dollar menjadi koin dolar perak pertama yang dikeluarkan oleh United States Mint atas nama pemerintah federal. Koin itu dirancang oleh pengukir Robert Scot.

Pada tahun 2013, juru lelang koin Stack’s Bowers Galleries menjual Flowing Hair Dollar tahun 1794 dengan harga $10.016.875 atau sekitar 143 Miliar Rupiah. Itu adalah harga tertinggi yang dibayarkan untuk koin apa pun dalam sejarah.

Main Menu