Suwito Harsono merupakan salah seorang filatelis dan numismatis yang terkenal sampai komunitas internasional. Di bidang filateli, beliau selalu diminta untuk menjadi juri filateli internasional sejak 1996. Sampai yang berjudul “Orida” yang diterbitkan oleh Suwito bersama Michell Suharli, Suwito telah diudang sebagai juri filateli ke berbagai kota besar dunia, antara lain London, New York, Rio de Janeiro, Luxemburg, Beijing, Seoul, Taipei, Yokohama, Lok Yangm Wuhan, Bangkok, Kuala Lumpur, Singapura, Jakarta, dan Bandung.

Sejak 1985, spesialisasi beliau dibidang filateli adalah koleksi perangko zaman perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia 1945 – 1949. Hobi di bidang filateli mengantarkannya untuk mulai mengoleksi uang kuno dengan spesialisasi uang yang beredar dikisaran tahun yang sama.
Sejak 2014, Beliau mengoleksi dan meneliti Oeang Republik Indonesia Daerah (ORIDA). Hasilnya, hampir seluruh gambar uang yang ditampilkan di buku yang berjudul “ORIDA” adalah miliknya.

Sebagai salah seorang pendiri dan ketua Masyarakat Numismatik Indonesia (MNI), organisasi numismatika yang berbadan hukum, beliau mendedikasikan Buku Orida ini untuk pengembangan numismatika.

Main Menu