Perkembangan Uang Kertas di Dunia

Sebagai penemu teknologi percetakan bangsa Cina kemudain menghasilkan ide lanjutan yaitu pembuatan uang kertas yang dimulai pada masa dinasti Yuan (1264-1368). Ketika itu perdagangan antar wilayah masih sulit dan berbahaya. Daripada membawa uang logam baik berupa tembaga, perak, maupun emas yang rawan dengan tindak kejahatan, mereka membuat ide terobosan yaitu flying cash yang terbuat dari sutera atau kertas. Uang kertas pertama di dunia ini diketahui disebut dengan “Jiaozi”. 

Setiba di tempat tujaun, pebawa uang keras tersebut dapat menukar dengan logam tael sesuai dengan nama kongsi dagang yang tercantum di kertas tersebut. Marco Polo pedagang Venesia yang dating ke Cina pada 1275 – 1292 merasa takjub melihatnya.

Para pejabat dan pedagang di masa itu mulai meninggalkan koin-koin yang berat kepada seorang agen yang dapat dipercaya. Agen tersebut akan mencatat berapa banyak uang yang disimpan oleh pedagang di selembar kertas

Kertas semacam surat promes yang bernama Jiaozi ini bisa digunakan untuk transaksi perdagangan seperti membeli barang. Kemudian penjual yang menerima surat promes tersebut bisa pergi ke agen dan menebus catatan untuk ditukar dengan koin. Keberadaan uang terbang pada waktu itu sangat berarti sebab mampu menyederhanakan transaksi.

Hanya 300 tahun setelah Marco Polo melihat “keajaiban” di Cina, Eropa memiliki hal yang sama yaitu Ketika Swedia melalui Stockholms Banco menciparakn uang kertas pertama pada 1661 dinamakan Swedish Copper Plate Money dan inilah cikal bakal uang kertas modern. Disusul berikutnya oleh Inggris melalui Bank of England di tahun 1694 ketika raja William III berperang melawan Perancis.

Dibanding dengan perkembangan uang kertas dunia, perkembangan uang kertas di Indoensia sebenarnya tidak tertinggal karena VOC di Banda telah menerbitka uang kertas darurat pengganti ketiadaan uang logam pada tahun 1659. Amerika baru memulai pada tahun 1690 dengan uang kertas The Massachusetts Bay Colony, Inggris tahun 1694, Perancis 1701, dst.

Seiring berjalannya waktu hingga sampailah ke Indonesia, dan saat ini uang kertas sudah digunakan di seluruh dunia hingga saat ini.

Sumber: www.bi.go.id, buku: Oeang Noesantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu