Prangko Pertama di dunia

81 / 100
-

Prangko (Latin: franco) adalah label atau carik, atau teraan di atas kertas dengan bentuk dan ukuran tertentu, baik bergambar maupun tidak bergambar, yang memuat nama negara penerbit atau tanda gambar yang merupakan ciri khas negara penerbit, dan mempunyai nilai nominal tertentu berupa angka dan/atau huruf (WIkipedia).
Perangko biasanya di gunakan pada amplop,kartu pos, box, atau beda pos lainnya.

Prangko Pertama Di Dunia digunakan oleh Sir Rowland Hill, di Inggris pada tanggal 6 Mei 1840, dan merupakan prangko pertama yang resmi di dunia. Sebelumnya pada tahun 1837, ia (Sir Rowland) mengajukan proposal dalam bentuk pamflet dengan judul “Post Office Reform its Importance and Practibility“. 

Isi Proposal Sir Rowland :

  1. Biaya untuk mengirimkan surat menyurat, harus diturunkan. Dengan penuruan biaya, maka akan meningkatkan jumlah surat yang dikirimkan.
  2. Tarif pos yang seragam, dengan tidak memandang jarak tempuh surat tersebut.
  3. Biaya harus dibayar muka, agar tidak terjadi penyalah gunaan biaya pengiriman surat.
Perangko Pertama Di Dunia
-

Penny Black

Prangko pertama kali diperkenalkan adalah Prangko Penny Black sebagai prangko berperekat pertama di dunia yang digunakan dalam sistem pos umum. Prangko ini pertama kali diterbitkan di Britania Raya pada tanggal 1 Mei 1840, tetapi baru digunakan secara resmi tanggal 6 Mei 1840, Prangko Penny Black memuat gambar kepala Ratu Victoria yang dicetak ke dalam warna hitam putih. Prangko ini dihargai satu penny sehingga prangko ini dikenal juga dengan sebutan The Penny Black.

Prangko Pertama di Dunia di Design Penny Black yaitu Potret Ratu Victoria diukir oleh Charles Heath dan putranya Frederick, sesuai dengan sketsa yang diberikan oleh Henry Corbould. Potret Victoria ini tetap tampil di prangko Britania Raya sampai kematiannya pada tahun 1901, meskipun saat itu ia berusia 81 tahun. Sampai saat ini, semua prangko Britania masih memakai potret atau siluet penguasa monarki sebagai desain prangko. Britania Raya adalah satu-satunya negara di dunia yang tidak menampilkan identitas negara dalam prangkonya; gambar penguasa monarki melambangkan Britania Raya.

koleksi prangko termahal di dunia

Dapatkan Anda Memilki Prangko Langka di Dunia ?

Prangko tertentu sangat langka dan dijual sangat mahal didunia, berdasarkan lansiran CNNIndonesia Prangko Pertama di Dunia The Penny Black di lelang hingga 117M, beberapa prangko lainnya bisa didapatkan dengan murah sesuai dengan tahun dan kelangkaan perangko yang di sediakan, jika anda tertarik atau sedang mencari koleksi prangko, anda dapat mengunjungi koleksi prangko yang di sediakan oleh antikpedia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu