Top 5 Lelang benda antik termahal

Antikpedia – Dalam suatu lelang benda antik terkadang akan menjadi barang utama yang akan di lelang. Karena banyak kolektor yang tertarik pada benda antik, entah itu benda antik yang memiliki sejarah atau benda antik sekedar untuk koleksi, benda antik juga dapat dijadikan investasi masa depan. Dalam suatu lelang benda antik pastinya akan menjadi sorotan bagi kolektor yang menghadiri lelang tersebut. Berikut ini adalah lelang benda antik termahal.

Lelang benda antik termahal

[lwptoc]

Koin Emas Double Eagle

Lelang benda antik termahal

Sejak dicetak pada tahun 1933, koin emas Double Eagle koin telah mengalami sejarah yang sangat kacau seperti sebuah film petualangan.

Koin emas Double Eagle terakhir Amerika Serikat (AS) yang dicetak untuk diedarkan, terjual dengan harga USD18,9 juta (Rp269,8 miliar) di rumah lelang Sotheby, New York pada Selasa (8/6/2021). Mahal banget ya.

Koin emas tersebut, satu-satunya koin emas Double Eagle cetakan 1933 yang pernah diizinkan dimiliki secara pribadi, sebelumnya diperkirakan akan dapat terjual di kisaran harga antara 10 juta USD hingga 15 juta USD di pelelangan, namun ternyata perkiraan tersebut salah dan koin emas tersebut dijual lebih tinggi dari perkiraan.

Dengan nilai nominal USD20, Koin emas Double Eagle tahun 1933 dirancang oleh pematung terkenal Augustus Saint-Gaudens atas permintaan Presiden AS ke-16 yaitu Theodore Roosevelt. Koin emas itu memiliki Liberty melangkah maju di satu sisi dan elang Amerika di sisi lain.

Perangko Magenta Satu Sen Guyana Inggris
Lelang Benda Antik Termahal

DIlelang di hari yang sama dengan koin emas Double Eagle di rumah lelang Sotheby, New York pada Selasa (8/6/2021). Selembar perangko ini bernilai satu sen pada tahun 1856. Satu-satunya yang tersisa dari perangko tersebut terjual dengan harga 9,5 juta USD atau sekitar sekitar Rp113,5 miliar di rumah lelang Sotheby, New York.

Antique Secretary Desk

Lelang Benda Antik Termahal

Meja yang dibuat oleh Goddard dan Townsend ini dibuat pada tahun 1760-an. Hanya ada 9 meja sekretaris antik ini yang pernah dibuat, menjadikannya benda antik yang langka dan mahal. Meja ini dijual di rumah lelang Christie’s dengan harga 11,4 juta USD atau sekitar Rp159,6 miliar.

Pedang Napoleon Bonaparte

Top 5 Lelang Benda Antik Termahal

Pedang raja Prancis, Napoleon Bonaparte, dihiasi dengan emas. Napoleon memilikinya hingga tahun 1880-an, pedang ini ia gunakan dalam berbagai pertempuran dan penaklukkan. Selanjutnya ia menyerahkannya pedang tersebut kepada saudaranya sebagai hadiah pernikahan.

Pada tahun 1978, pedang antik ini dinyatakan sebagai harta karun nasional negara Prancis (National Treasure of France) dan menjadi lambang kekuatan, kemenangan, dan disiplin di seantero dunia. Selanjutnya pedang ini dilelang di Prancis seharga 6.4 juta USD atau sekitar Rp 85,1 miliar.

Kacamata Bulat John Lennon

Lelang Benda Antik Termahal

Hampir 40 tahun telah berlalu sejak John Lennon ditembak mati di depan sebuah gedung apartemen di Manhattan, New York. Pesona dan reputasi musisi ini tidak kunjung hilang. Barang-barang pribadi The Beatles masih terus diburu penggemarnya, termasuk kacamata bulat yang menjadi ciri khasnya.

Menurut “Laporan Hollywood”, kacamata bulat John Lennon dengan lensa hijau dan bingkai emas dijual di rumah lelang Sotheby di London. Aksesoris antik itu dijual kepada penawar yang namanya dirahasiakan seharga 187.000 USD atau Rp 2,6 miliar. Dalam sertifikat yang dilampirkan pada lelang, disebutkan bahwa mantan pengemudi Ringo Starr dan George Harrison Alan Herring menemukan kacamata tersebut. Menurut Herring, Lennon meninggalkan kacamatanya di mobil drummer Stahl suatu hari di musim panas 1968.

Lelang berlangsung beberapa hari setelah peringatan 39 tahun kematian John Lennon. Saat itu, istrinya Yoko Ono mengunggah tweet. Yoko Ono menulis: “Kematian orang yang dicintai adalah pengalaman yang menyakitkan. 39 tahun kemudian, Sean, Julian, dan saya masih merindukannya.” Yoko Ono menyebutkan nama kedua putra Lennon dalam sebuah tweet. Lagu “Imagine” yang terkenal itu.

Nah itu dia beberapa benda antik yang pernah di lelang dengan harga yang mahal. Sebenarnya masih banyak benda antik yang di lelang dengan harga mahal. Maka dari itu benda antik pastinya akan layak untuk investasi masa depan karena dengan berlalu nya waktu benda antik pastinya akan mahal harganya apalagi jika benda antik tersebut memiliki sejarahnya.

Main Menu